Blog gak ramai?, sepi pengunjung?, kaya kuburan?, atau apalah gitu. Sebenarnya kebanyakkan penyebabnya adalah ada pada diri kita sendiri. Blog itu sepi pengunjung karena kita jarang berkunjung ke blog lain. Tapi kita gak akan bahas soal itu, karena sesuai temanya kita akan membahas "Langkah-langkah Tips cara mendapatkan kunjungan dari blog lain?"

Marilah kita langsung saja menuju ke langkah-langkahnya.

Target kita disini adalah user yang suka kunbal (suka berkunjung balik).

Langkah-langkahnya:
1. Bila perlu buat postingan baru
Ini agar menandakan bahwa kita adalah bloger yang masih mengelola blognya.

2. Mengunjungi user yang telah meninggalkan jejak komentar diblog kita
Ini adalah poin paling dasar dan penting dari yang ingin saya sampaikan dipostingan ini. Selanjutnya, Kunjungi user-user yang pernah berkunjung ke blog kita dan berkomentarlah diblog mereka sesuai isi postingan mereka. Kita bisa saja meminta mereka untuk berkunjung balik, tapi bagi saya pribadi, mohon maaf, itu kurang sopan dan mungkin ada kesan memaksa dihati mereka, kalau saya biasanya cukup mengusahakan meninggalkan komentar diblog mereka yang sesuai dengan isi postingan blog mereka. Dengan cara ini ada kemungkinan mereka akan berkunjung balik dan menuju postingan terbaru diblog kita dan berkomentar disitu.

3. Perbanyak Blogwalking
Ini juga termasuk poin penting yang harus kita lakukan untuk mendapatkan kunjungan balik dari user blog yang lain. Dengan blogwalking kita dapat mengetahui mana user blog yang suka berkunjung balik dan mana yang tidak.

4. Ulangi langkah-langkah diatas
Semakin sering kita memakai cara ini, semakin banyak user yang akan meninggalkan komentar diblog kita.

Catatan:
- ini hanya pendapat pribadi penulis, tapi ini sudah pernah penulis praktekkan sendiri dan selalu ada hasilnya walaupun hasilnya sedikit.
- ini hanya sekedar tips, memang cara ini belum terbukti sepenuhnya mendapatkan banyak pengunjung, tapi apa salahnya dicoba.

Sekian pemaparan yang bisa penulis sampaikan, terima kasih atas perhatiannya.

.:: Sampai jumpa::.

.:: Salam sahabat BP ::.